Daily Archives: March 8, 2013

Pesona

yessicaolivia post on March 8th, 2013
Posted in Cerpen

Pesta pernikahan.

 

Tamu-tamu berlomba-lomba untuk memamerkan baju terbaiknya. Para laki-laki memakai jas terbaiknya, para perempuan memakai gaun dan make up terbaiknya. Semua ingin tampil memukau di ajang paling membahagiakan ini. Baik yang tua maupun muda, semuanya ada di sini, makan bersama, bersenda-gurau, bersenang senang.

 

Diantara gelap gempita pesta pernikahan yang amat megah, berdiri seorang gadis yang amat mempesona. Dia memakai dress sederhana berwarna ungu, rambut panjang hitamnya dibiarkan terurai rapi. Dia tak begitu cantik, tapi ia memiliki wajah yang manis, ada dua lekukan di pipinya ketika ia tersenyum. Wajah manisnya yang terlihat sangat polos dan murni, membuat ia menjadi gadis yang menarik. Gadis itu tidak memakai make up yang mencolok, sebagai gantinya, dia hanya memakai bedak tipis dan lipstik. Jika para wanita memakai high heels, dia hanya memakai flat shoes polos untuk menghiasi kakinya. Sungguh penampilan yang amat sederhana di sebuah pesta megah seperti ini. Namun bukan cara berpakaiannya yang simple dan sederhana membuat dia tampil memukau, tapi saat ketika seseorang melihatnya berbicara.

 

Mulut gadis itu bergerak-gerak komat-kamit, tapi tak ada suara yang keluar dari mulut itu. Dia sedang bercakap-cakap dengan teman gadis yang juga sebaya dengannya, dengan sangat antusias mengerak-gerakkan tangan dan tubuhnya dengan ekspresi bahagia, dan dalam seketika, mampu membuat teman yang dihadapannya tertawa terbahak-bahak. Seseorang yang melihatnya tak mengerti cerita lucu apa yang diceritakan gadis itu, tapi ia mengerti sesuatu, yang tiba-tiba menghujam benaknya.

 

Bukan rasa kasian yang timbul sesudah ia tahu apa kekurangan gadis itu, namun justru sebaliknya. Seseorang merasa terharu, terpukau dengan pemandangan yang baru saja dilihatnya, merasa tiba-tiba ada suatu perasaan membumbung di dalam benaknya, seperti ketika ia sedang jatuh cinta. Ia mengagumi gadis itu, yang seketika membuat gadis itu terlihat semakin cantik, semakin cantik, dan semakin cantik. Gadis itu benar-benar terlihat sangat cantik, dan seseorang itu tak kunjung bisa melepaskan pandangannya terhadap gadis yang sedang tersenyum bahagia itu. Ia juga tak mengerti mengapa dan bagaimana ia mengagumi gadis itu, tapi satu hal yang ia tahu : semua manusia di muka bumi ini dalam seluruh kekurangan yang dimilikinya, pasti memiliki kecantikkannya masing-masing. Kecantikkan di dalam diri yang akan terpancar keluar, membuat siapapun disekelilingnya akan terpukau karenanya.

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Twitter