World War Z (2013)

“Hold your breath, prepare for the shocking part!” – Yessica Olivia

  image

Gila, ini film kayaknya gue salah nilai. Salah saya dari awal, karena nonton trailernya juga gak tuntas, juga gak baca summary, tapi langsung tancap aja nonton berhubung yang main si Brad Pitt (dan juga sekaligus produser!). Kata kakak saya yang uda nonton duluan, film ini bagus, cerita kayak ngelawan zombie-zombie gitu.

 

United Nations employee Gerry Lane traverses the world in a race against time to stop the Zombie pandemic that is toppling armies and governments, and threatening to destroy humanity itself (source: IMDb).

 

Bayangan saya langsung tertuju pada Resident Evil. Yah, pasti keren kalau gitu. Eeeee,

siapa sangka, film ini malah cenderung horror ketimbang action. Adegan mengejutkan jantung juga lumayan untuk uji tes adrenalin, hahaha. Maklum, saya adalah orang yang anti nonton film horror, dan juga beberapa film thriller yang parah dan tidak bisa ditoleransi. Tapi kalo film horror, it’s a big NO! Jadi maaf yaa, kalau kemungkinannya sangat kecil sekali saya akan review film horror, karena emang sangat tidak demen nonton gituan. Makasih. Hahaha.

 

Nahhhh, berhubung saya gak demen nonton horror, jadi film ini sudah lumayan menakutkan, meski masih bisa saya tolerir. Karena untungnya, film ini emang lebih dominan drama dengan beberapa action. Jadi bukan full horror meski pas adegan horrornya emang mantap. SETTING tempat ini merupakan kota-kota yang dikunjungi oleh Brad Pitt dalam pencarian jawaban untuk penyakit tersebut, sebutlah Korea Selatan dan Jerusalem. Korea Selatan hanyalah sebagian kecil saja, dan shoot untuk Jerusalem hampir seluruh kota.

 

IDE CERITA film ini mirip-mirip ama I Am Legend-nya Will Smith, berkisar tentang penyakit yang menjangkit manusia menjadi zombie. Si Brad Pitt ini sama seperti Will Smith, ditugaskan untuk mencari sumber penyakit itu dan penawarnya. Namun Brad Pitt hanyalah seorang mantan prajurit, dan diceritakan bahwa masih ada banyak manusia yang survive, lain halnya dengan Will Smith yang tinggal seorang diri dengan anjing peliharaannya, yang berperan sebagai ilmuwan untuk mencari penawarnya. Jika dibandingkan dengan dua film tersebut, tentu saya akan jauh lebih memilih I Am Legend. World War Z hanya lebih bagus di bagian action (karena manusianya masih ramai), lalu adegan horror yang menjadi bumbu yang bagus, beberapa adegan sadis yang “euyh” juga melengkapi kehorrorannya, tapi sangat disayangkan film ini menyajikan bad ending. Menurut saya, ENDING World War Z itu tidak tuntas dan sama sekali kurang greget. Ending tersebut cenderung menggantung, dan denger-denger, film ini emang dibuat sekuel, karena film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama ditulis oleh Max Brooks. Berbalikan dengan OPENING dan ISI film, sang sutradara Marc Forster menyajikan KLIMAKS yang tidak wah, dan juga ANTIKLIMAKS yang terlalu cepat dan dipersingkat padat. Overall bagi saya, rating untuk film ini hanyalah standar rata-rata.

Ups, sedikit spoiler, komentar dari saya:

Yang paling mencolok untuk film ini adalah sponsor yang nongol. Astagaaa, siapa sangka sponsor yang ada itu begitu mencolok dan terlalu iklan banget? Hahaha.. Jujur saja, waktu si Brad Pitt dengan sangat sengaja berhenti di depan mesin Pepsi, minum, dan akhirnya menendang mesin itu hingga jatuh bertubi-tubi semua kaleng Pepsi itu keluar bergelundungan, saya tertawa terbahak-bahak! Tidak sampai ekstrim ngakak mengganggu penonton lain sih, tapi saya benar-benar tertawa! Karena terlalu jelas dan iklan banget, hahaha. Biasanya sponsor-sponsor gitu kan diselipkan diantara adegan-adegan yang natural, tidak sejelas seperti adegan itu tadi. Tidak ada cara lain untuk menyelipkan Pepsi kah? Melihat cara mengekspos Pepsi seperti itu, tak diragukan lagi kalau Pepsi yang memberikan kontribusi sponsor paling besar, hahaha.

 

Lalu komentar kedua saya, mengapa oh mengapa, why why why, saat ingin berhadapan dengan zombie, kenapa selalu pilih malam hari sih? Sengaja banget gitu.. -.- Jelas-jelas bisa dilakukan waktu siang, tapi kenapa pilih malam.. -.- hahaha. Hate the horror part.

 

Great Quotes:

Mother Nature is a serial killer. She wants to get caught, she leaves bread crumbs, she leaves clues… Mother nature knows how to disguise her weakness as strength. -Andrew Fassbach

Most people don’t believe something can happen until it already has. That’s not stupidity or weakness, that’s just human nature. -Jurgen Warmbrunn

one responses .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 14 =

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Twitter