White House Down (2013)



“Four tumbs up for the President! Hahaha!” –Yessica Olivia

Dari judulnya aja uda bisa ditebak ini film apa. Jika kalian sudah pernah nonton Olympus Has Fallen, cerita film ini gak jauh-jauh amat kok. Menyelamatkan Presiden yang terjebak dalam gedung putihnya, film ini jauh lebih kocak dibandingkan The Olympus Has Fallen.

Quote from IMDb: While on a tour of the White House with his young daughter, a Capitol policeman springs into action to save his child and protect the president from a heavily armed group of paramilitary invaders.

Film yang disutradarai oleh Roland Emmerich menyuguhkan hal lain dari film sebelumnya.

Jika Roland terkenal membuat film dalam skala yang besar, seperti film Godzilla dan film kiamat berjudul 2012, Roland sepertinya beralih dari cerita yang berkisar dengan fenomena alam ataupun spesies. Kali ini, Roland Emmerich menyuguhkan film action yang very good.

Dengan superstar Channing Tatum (berperan sebagai Cale) dan Jamie Foxx (berperan sebagai Presiden Sawyer) menjadi PEMAIN UTAMA, daya tarik film ini sungguh kuat. Tak diragukan lagi, pesona Channing Tatum masih memikat hati penonton. Namanya mulai mencuat sejak kemunculannya di Step Up 2: The Street, disusul kemudian sederet film-film terkenal seperti G.I Joe, 21 Jump Street, The Vow, dsb. Dan dalam White House Down ini, kalian tidak akan kecewa dengan aksi dari Channing Tatum ini. Berbekal dengan setumpuk pengalaman memainkan berbagai film action dan drama, TOKOH yang ia perankan di film ini terbilang sempurna. Ia mampu memerankan figur seorang ayah, dan juga kemunculannya dalam unjuk aksi juga sangat oke. Hanya saja, sedikit kritik untuk para pembuat cerita film ini, “kesempurnaan”nya mungkin agak berlebihan. Kurang natural dan agak kurang masuk di akal, hehehe. Tapi jika dibanding dengan Olympus Has Fallen, Gerard Butler sebagai peran utama memainkan peran yang lebih sangar, namun juga lebih gak masuk akal karena kesempurnaan aksinya. Gak masuk akal, maksudnya gimana? Mending nonton dulu lah, kalian juga akan tau maksud saya, hehehe. Eitttss, bukan berarti film ini jelek lho, justru film ini saya rekomendasikan untuk ditonton. Jika dibandingkan Olympus Has Fallen, saya rasa kedua film ini memiliki kekuatan dan kekurangannya masing-masing. I think it’s worth if you watch both of these movies! Bagi kalian yang menyukai action movies, saya rekomendasikan untuk nonton dua-duanya! Dua-duanya sama-sama bagus dan keren.

Yang bikin film ini lebih berwarna daripada Olympus Has Fallen yang fokus pada action dan ketegangan, adalah kehadiran James Foxx sebagai Presiden Sawyer. Lengkap sudah peran Foxx yang menjadi role-play dari Presiden Amerika Serikat saat ini, Barrack Obama. Memang tak diragukan lagi, bahwa peran presiden kulit hitam jauh lebih berwarna daripada presiden kulit putih. Di Olympus Has Fallen, sang presiden kulit putih tidak terlalu berperan, dan cenderung pasif meskipun dia adalah inti dari ide cerita. Nahhh, kalau di White House Down, peran Foxx benar-benar mantap! Saya memberikan pujian untuk peran Foxx ini, selain ia bisa membawakan peran kebiwabawaan sebagai seorang Presiden Amerika Serikat, Foxx juga mampu membawa unsur komedi cerdas yang sungguh natural. Figur seorang Presiden yang membumi, beribawa, sekaligus kocak! Hahaha. Bagi saya, kehadiran kulit hitam dalam film-film itu identik dengan (antara) kekerasan (maaf) atau kelucuan. Nah, si Foxx ini, membawa bagian lucu itu (dalam Bahasa Jawa, lebih tepatnya diistilahkan ke-kucluk-an. Entah dalam Bahasa Indonesia terjemahannya apa, hehehe) dalam dirinya, namun komedi tersebut tidak terkesan murahan. Tapi sebaliknya, Foxx mampu berakting dalam komedi yang cerdas dan elegan. Bener-bener salut deh sama Pak Presiden satu ini! Hahaha.

Untuk si kecil yang juga memegang peran besar di film ini, Joey King (yang berperan sebagai Emily) ternyata juga memiliki jam terbang tayang yang cukup tinggi. Dengan pengalaman karir profesionalnya yang dimulai pada saat ia berusia 4 tahun, aktingnya di film ini terbilang bagus dan natural. Dengan gagah beraninya, ditemani gadget iPhone, jelas benar bahwa sponsor utama film ini adalah YouTube!

Untuk IDE CERITA film ini yang menyerupai Olympus Has Fallen (seperti yang sudah saya jelaskan di atas), ada beberapa hal yang menjadi kritik saya, yakni pembicaraan (yang menurut saya) agak rumit dan sulit dimengerti, dengan istilah-istilah militer atau keamanan di White House itu, atau lebih tepatnya di Amerika Serikat. Sangat banyak percakapan, padat, dan beristilah, dibutuhkan pengetahuan yang mungkin saja bagi beberapa orang adalah pengetahuan umum (seperti nama organisasi, perlengkapan militer canggih, birokrasi atau prosedur keamanan negara, dsb), namun bagi orang tertentu lain, tentu akan membingungkan. Lalu kritik saya berikutnya adalah adanya beberapa adegan yang termasuk dalam ketidakmasukalan cerita. Seperti……… (spoiler alert, nonton dulu bagi yang belum ya!)

***

Seperti peran utama Tatum dan Foxx yang ditembak begitu banyak dan begitu brutalnya tapi tidak kena-kena, sedangkan si peran utama yang cuma sekali tembak ke musuh langsung mati musuhnya. Lalu ketiga tokoh utama (Tatum, Foxx, King) yang menjadi ancaman utama musuh tapi gak dibunuh-bunuh, terutama si kecil Joey King itu. Jelas-jelas dia yang menyebarkan video YouTube itu, tapi gak dibunuh. Sedangkan menteri-menteri kepresidenan yang kelihatan gak begitu mengancam malah langsung dibunuh. Kurang kuat ditunjukkan argumennya bahwa mereka memang layak untuk tidak dibunuh duluan.

Oh ya, bicara soal YouTube, juga salah satu ketidakmasukalan adalah kebebasan pers memuat media. Pers kan harusnya paham, bahwa si kecil yang meng-upload video itu masih menjadi tawanan, lalu kenapa bisa dengan leluasanya diberitakan? Kan bahaya banget, kemungkinan besar nyawa si kecil terancam.. -.- Si kecil yang berjasa ngasi info, tapi malah seenaknya langsung disebarluaskan tanpa mempedulikan keselamatan si kecil.

Great quotes and funny conversations:

“Get your hands off my Jordans!” – President Sawyer

“I lost the rocket launcher.” “You lost… How do you lose a rocket launcher?” –Conversation between President Sawyer and Cale

“With all the power of my office as president of the united states I say… fuck you.” -President Sawyer

“Get these people to safety.” “Alright people you heard him! Tour’s over.” –Conversation between Cale and Donnie the Guide

“My father is very special man.” -Emily

“So you wanna make history.” “I don’t wanna make history, I wanna make a difference.” -Conversation between Cale and President Sawyer

“What the hell are you gettin’ in the back for?” “Sorry, force of habit.” –Conversation between President Sawyer and Cale

“Can you not hit me in the head with a rocket while I’m trying to drive?!” -Cale

one responses .

  1. I was encouraged this amazing site by my personal step-brother. I am not good no matter if this particular article is authored via the pup as no one understand this kind of selected concerning the challenge. You’re superb! Thanks a lot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Twitter